keindahan-situ-patenggang-sebagai-tempat-pariwisata


Keindahan Situ Patenggang Sebagai Tempat Pariwisata

Posted by Admin | Kamis, 27 Oktober 2016 - Dilihat : 1009 kali

Situ Patenggang Bandung Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan cukup banyak wisata alam yang indah dan mempesona. Salah satu wisata alam yang menjadi andalan wisata Ciwidey di Bandung Selatan adalah wisata situ Patenggang Bandung.
 
Dengan panorama alam keindahan danau dengan dikelilingi pepohonan dan perbukitan yang hijau menjadikan wisata ini cukup ramai dikunjungi setiap harinya.
Wisata Situ Patenggang Bandung menyuguhkan panorama alam danau dengan dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun dan perbukitan serta hamparan luas perkebunan teh yang sangat asri.
 
Berlibur ke wisata Situ Patenggang Bandung ini sangatlah menyenangkan dan membuat fress kembali karena dengan suasana yang tenang dan udara yang sejuk menjadikan suasana yang betah dan ingin berlama-lama berada di lokasi wisata ini.

Wisata Situ Patenggang Bandung ini terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan masih berada di kawasan Ciwidey sehingga cukup terkenal dengan sebutan Situ Patenggang Ciwidey.
 
Situ Patenggang berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotik yang menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk berkunjung kesini. Pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan yang asri nan sejuk dengan hamparan luas kebun teh yang berada di sekitar placeSitu Patenggang.

Di tengah-tegah danau Situ Patenggang juga terdapat Pulau Asmara dan Batu Cinta yang merupakan sebuah lokasi di tengahSitu Patenggang yang memiliki mitos dan ditandai dengan batu besar. Mitos yang beredar di masyarakat hingga kini masih banyak yang mempercayainya.

Banyak wisatawan mampir ke lokasi ini setelah dari wisata Kawah Putih karena memang lokasinya cukup dekat dengan jarak sekitar 7 Km saja dan bisa ditempuh dengan waktu perjalanan 10 menit saja. Tak jarang juga wisatawan mengambil paket wisata Bandung dengan tujuan tempat-tempat wisata di kawasan Bandung selatan ini dan salah satu tujuannya adalah wisata Situ Patenggang.

Mitos Situ Patenggang
Berdasarkan informasi yang berasal dari lokasi wisata, nama situ Patenggang adalah berasal dari bahasa Sunda, Situ yang berarti danau dan pateangan-teangan yang artinya saling mencari. Mengisahkan cinta antara Putra dari Prabu dan Putri dari titisan Dewi yang besar bersama dengan alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis.

Mereka terpisahkan untuk sekian lamanya. Karena rasa cintanya yang begitu mendalam, merekapun akhirnya saling mencari dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan dengan Batu Cinta. Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang kemudian dan sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut dari cerita ini, yang pernah singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara ini, akan senantiasa mendapatkan cinta yang abadi seperti cinta mereka.

Aktivitas Wisata
Para wisatawan yang mengunjungi wisata Situ Patenggang bisa menikmati beberapa aktivitas yang bisa dilakukandi wisata ini seperti memancing, menaiki perahu, sepeda herald atau bebek song berkeliling danau, berkemah, atau pun sekedar berjalan-jalan menikmati udara segar dan pemandangan yang asri. Tentunya cukup menarik dan cocok untukdijadikan tujuan wisata keluarga.

Setiap harinya wisata Situ Patenggang cukup ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Dan untuk jam buka objek wisata Situ Patenggang buka setiap hari dari pukul 08.00  17.00 WIB.

Akomodasi dan Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Bandung
Untuk harga tiket masuk wisata Situ Patenggang Bandung cukuplah terjangkau sehingga bisa anda jadikan salah satu alternatif tujuan wisata keluarga anda. Berikut ini daftar harga tiket masuk dan biaya akomodasi di wisata Situ Patenggang Bandung.

Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal : Rp. 18.000,- (Weekday) dan Rp. 20.500,- (Weekend)
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara : Rp. 135.000,- (Weekday) dan Rp. 185.000,- (Weekend)
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 3.500,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 11.500,-
Biaya Parkir Bus : Rp. 22.000,-
Biaya Sewa Perahu : Rp. 150.000,- per perahu
Biaya Sewa Perahu Angsa : Rp. 40.000,- per perahu
Biaya Sewa Tikar : Rp. 10.000,-

Kuliner dan Oleh-Oleh
Lokasi wisata Danau Situ Patenggang ini sudah tersedia cukup banyak penjual aneka macam makanan dan minuman mulai dari cemilan dan jajanan ringan hingga makanan berat serta berbagai macam jenis minuman yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda.
 
Dengan harga yang cukup terjangkau tentunya anda tidak usah ribet dan sibuk dengan persiapan bekal makanan dari rumah. Selain itu di di luar lokasi wisata juga cukup banyak rumah makan yang menawarkan aneka jenis makanan dengan berbagai macam menu andalan yang patut anda coba.

Bagi para wisatawan yang ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh, bisa membeli teh asli yang ditanam dan dipanen di perkebunan Situ Patenggang ini. Tentunya teh asli dari lokasi ini memiliki cita rasa yang khas. Selain itu para pengunjung juga bisa membeli aneka macam souvenir dan cinderamata yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga dirumah.

Fasilitas
Selain area parkir yang cukup luas dengan berbagai macam warung atau tempat makan tentunya wisata Situ Patenggang juga menyadiakan berbagai penginapan dan hotel sebagai tempat singgah para wisatawan yang ingin bermalam untuk menikmati suasana malam hari. Para wisatawan bisa memilih lokasi penginapan yang sudah tersedia di lokasi wisata tentunya dengan tarif yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang disuguhkan.

Akses dan Transportasi Menuju Situ Patenggang
Objek Wisata Alam Situ Patenggang ini berlokasi dekat dengan wisata Kawah Putih Ciwidey dan cukup mudah untuk diakses baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jarak dari pusat kota Bandung ke lokasi wisata Situ Patenggang berjarak sekitar 48 Km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Dan berikut ini panduan wisata atau rute jalur wisata Situ Patenggang yang bisa anda lewati jika berkunjung ke lokasi wisata ini dengan asumsi anda berangkat dari Jakarta :

Jakarta: 151 km > Cipularang: 25.3 km > Pintu Tol Kopo: 15.3 km > Soreang: 14.2 km > Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang 
Jakarta: 151 km > Cipularang: 32.5 km > Tol Buah Batu: 12.4 km > Banjaran: 9.1 km > Soreang: 14.2 km > Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang 
Jakarta: 151 km > Cipularang: 19.6 km> Leuwi Gajah: 16.9 km > Soreang: 14.2 km > Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang

Bagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan atau transportasi umum, wisatawan bisa melalui rute perjalanan dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Dari Terminal ini kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan minibus jurusan Leuwi Panjang  Ciwidey dengan biaya sekitar Rp 6.000,-. Dari terminal Ciwidey, ada angkutan kota dengan jalur menuju Patenggang dan turun di Pintu Masuk Situ Patenggang dengan biaya sekitar Rp 10.000,-.

Tips Berwisata
Untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke Wisata Situ Patenggang haruslah mempersiapkan segala kebutuhan untuk keamanan dan keselamatan dalam berwisata. Dan berikut ini kami berikan beberapa tips yang bisa anda gunakan sebelum berangkat ke lokasi Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung.

Pastikan kendaraan yang akan anda gunakan dalam kondisi prima karena akan melalui medan yang menanjak dan berliku-liku.
Bawalah payung atau juga jas hujan untuk persediaan jika sewaktu-waktu terjadi hujan.
Selalu berhati-hatilah dengan barang bawaan anda, simpan atau jaga selalu barang-barang anda dengan aman.
Selalu ikuti dan patuhi peraturan dan juga anjuran yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola dan utamakan selalu keamanan dan keselamatan.
Dan janganlah kita membuang sampah dengan sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya dan mari kita jaga kebersihan wisata alam ini agar selalu indah dan nyaman untuk dinikmati.
 
Partner Rental Mobil Bandung
Partner surya rental mobil Bandung, tersebar di beberapa titik wilayah di sekitar Bandung, untuk memudahkan akses dan waktu tempuh dalam penjemputan, berikut alamat website partner kami. 
 Silahkan kunjungi website kami untuk informasi lebih detail.   

Tours Dan Travel Ke Tempat Pariwisata


SILAHKAN DOWNLOAD APLIKASI UNTUK ANDROID SURYA RENTAL

Dapatkan..

Sabtu | 19 November 2016 Dapatkan Daftar Harga Sewa dan Rental Mobil Bandung 2017

Anda galau untuk mencari informasi rental mobil bandung, jakarta untuk tahun baru 2017 kami..

Tips..

Minggu | 23 Juli 2017 Tips Peregangan Untuk Mengatasi Kram Saat Traveling.

Mengurangi stres dan nyeri tubuh dengan sedikit peregangan sederhana sebelum dan selama perjalanan...

Salah Satu..

Jumat | 10 Februari 2017 Salah Satu Tempat Nongkrong Yang Asik Di Bandung

BANDUNG berasal dari kata bandungan, yang artinya bendungan atau tempat berkumpulnya air, seperti..

Jalan-Jalan Di..

Senin | 20 Maret 2017 Jalan-Jalan Di Skywalk Cihampelas

BANDUNG ADA YANG BARU LAGI NIH! Skywalk Cihampelas atau disebut juga dengan Teras Cihampelas...

The Saatchi Gallery